Tips Menulis Artikel yang Enak Dibaca untuk Pemula

Tips Menulis Artikel yang Enak Dibaca untuk Pemula

Merupakan sebuah tantangan bagi pemula untuk menulis artikel yang enak dibaca. Pemilihan kata dan konten yang tidak sesuai dengan permintaan pasar akan membuat tulisan yang dihasilkan kurang diminati. Lantas, pemula harus banyak belajar agar dapat maju.

Bagi Anda yang ingin atau baru mulai memulai karir sebagai content writer, sebaiknya memahami dulu teknis penulisan yang baik. Blogger maupun pekerja pada jasa penulis artikel lepas tertentu akan mendapatkan artikel menarik jika cara penulisan sudah tepat.

Sebaliknya, jika Anda meremehkan kaidah penulisan yang baik, artikel yang dihasilkan akan kurang menarik dan sedikit pembaca yang tertarik. Bahkan, terdapat Teknik khusus yang harus dikuasai agar artikel lebih terkenal. Lalu, poin-poin penting apa saja yang harus diingat?

Yang Harus Diperhatikan untuk Menghasilkan Artikel Enak Dibaca

Pernahkah Anda membaca sebuah artikel dan tidak dalam waktu lama langsung mengerti isinya? Itu merupakan artikel yang enak untuk dibaca, tidak seperti artikel yang menggunakan kalimat yang susah dimengerti. Lalu, bagaimana menghasilkan artikel seperti itu?

  1. Mendalami topik terlebih dahulu

Sebelum memulai membuat tulisan, pemahaman penulis tentang topik yang dibawakan memiliki peran yang sentral. Dengan mengerti apa yang akan dibahas, praktis akan menghasilkan artikel yang enak dibaca. Jika tidak, tulisan tersebut akan berantakan.

Cara ini dapat dilakukan dengan mengetahui dulu kebutuhan pasar tentang jenis artikel. Atau setidaknya Anda mengerti tujuan artikel ini ditulis ke siapa. Dengan demikian, penulisan yang sesuai dengan target pemasaran akan sangat membantu agar menjadi menarik.

  1. Buat sub judul atau poin-poin

Artikel pastinya memiliki judul. Namun, dengan adanya sub judul, pembahasan akan lebih luas lagi sehingga pembaca tidak bingung tentang pembahasannya. Ketika memilih topik untuk sub judul, pastikan poin yang dibahas nanti spesifik dan relevan dengan judulnya

  1. Menyusun draf dan kerangka

Jangan remehkan penyusunan kerangka pada sebuah artikel. Kerangka yang baik merupakan tolak ukur sebuah artikel yang enak dibaca atau tidak. Dengan sudah menentukan draf tentang topik yang akan dibahas, artikel tidak akan bertele-tele dan membingungkan.

Selanjutnya, menyusun kerangka akan sangat membantu penulis untuk mengerti lebih jauh lagi tentang topiknya. Sehingga penulis itu sendiri dapat lebih mudah mencari informasi yang sekiranya dibutuhkan untuk menghasilkan artikel yang berkualitas.

  1. Lakukan revisi

Sering sekali seorang content writer pemula tidak melakukan revisi setelah selesai menulis. Hal ini membuat kata yang dipilih itu salah tulis. Bahkan, kasus seperti kalimat yang ambigu banyak ditemukan sehingga bukan menjadi artikel yang enak untuk dibaca.

Cara menulis artikel bukan seperti hanya menulis catatan di sekolah. Masih banyak teknis penulisan yang harus dikuasai. Hal ini bertujuan agar artikel yang diunggah pada website tersebut merupakan artikel yang enak dibaca serta menarik.