Rekomendasi Tempat Wisata di Banda Aceh yang Wajib Dikunjungi

Rekomendasi Tempat Wisata di Banda Aceh yang Wajib Dikunjungi

Banda Aceh atau yang dikenal sebagai Serambi Mekah merupakan ibu kota dari provinsi Aceh dan juga tempat penyebaran agama Islam pertama. Terdapat banyak tempat wisata Banda Aceh seperti wisata sejarah dan alam yang bisa dikunjungi.

Daftar Tempat Wisata di Banda Aceh

  1. Museum Tsunami

Museum Tsunami sebagai pengingat saat tsunami menerjang Kota Banda Aceh pada 26 Desember 2004. Anda bisa mengunjungi museum ini secara gratis dan hanya perlu membayar uang parkir. Dari luar, Museum Tsunami terlihat seperti kapal besar. Uniknya, di bagian belakang terdapat pemakaman militer Belanda ketika terjadi perang Aceh yang saat ini dijadikan sebagai tempat evakuasi saat terjadi tsunami.

  1. Taman Sari Gunongan

Bisa dibilang, Taman Sari Gunongan memiliki keindahan yang mirip dengan Taj Mahal karena merupakan simbol cinta untuk permaisuri dari para raja. Tempat ini memiliki sejarah yang berarti serta keindahan bangunan berwarna putih yang sangat bagus di mana terletak di dalam kompleks Taman Sari Bustanussalatin Banda Aceh.

  1. Pantai Ulee Lheue

Pantai Ulee Lheue sempat rusak parah akibat diterjang tsunami pada tahun 2004 silam yang membuat warna pasir yang dulunya bersih sekarang menjadi coklat. Namun saat ini masih banyak yang mengunjungi pantai ini karena pemandangannya yang sangat indah serta fasilitas hiburan yang lengkap.

  1. Pantai Lampuk

Pantai Lampuk memiliki pasir yang putih di mana anda bisa menemukan banyak tempat makan di sekitar jalur garis pantai bahkan terdapat tempat konservasi penyu untuk tujuan edukasi bahkan terdapat wahana air seperti banana boat hingga tempat penginapa yang nyaman. Anda bisa menikmati pemandangan alam yang diberikan sambil menyusuri bibir pantai.

  1. Museum Aceh

Tempat wisata Banda Aceh yaitu Museum Aceh didirikan pada tahun 1915 masa pemerintahan Hindia Belanda. Terdapat banyak sarat dengan nilai filosofi agama Islam di mana akan banyak artefak dan peninggalan-peninggalan pra-sejarah. Salah satu koleksi paling populer di museum ini yaitu Lonceng Cakra Danya yang merupakan hadiah dari Kaisar Cina dari Dinasti Ming kepada Sultan Pasai.