Fungsi Backlink Youtube untuk Website

Fungsi Backlink Youtube untuk Website

Tidak bisa dipungkiri jika Youtube kini menjadi salah satu media pencarian terbesar setelah Google. Anda bisa mencari apapun di Youtube. Namun, adakah fungsi backlink youtube untuk website?

Ada!

Youtube bisa dikoneksikan dengan website yang Anda miliki untuk meningkatkan trafik ke website.

Bagaimana bisa? Ini karena beberapa alasan berikut:

  1. Video punya click-through rate yang tinggi hingga 41%. Maka dari itu, video bisa dijadikan media untuk iklan, trafik hingga brand awareness.
  2. Lebih disukai.
  3. Memperlama waktu kunjungan jika di website Anda dilengkapi dengan video.
  4. Media yang mampu menjangkau global audience.
  5. Karena alasan tersebutlah, fungsi backlink youtube tidak hanya untuk meningkatkan trafik tapi juga meningkatkan SERP.

Cara Mendapatkan Backlink di Youtube

Lantas, bagaimana cara mendapatkan backlink di youtube?

Fungsi Backlink Youtube untuk Website
Fungsi Backlink Youtube untuk Website

(baca: jasa backlink PBN premium murah)

Pada dasarnya ada 3 cara, yaitu:

  • Membuat Video

Cara pertama adalah dengan membuat channel sendiri, membuat video dan kemudian mengunggah video tersebut.

Cara ini termasuk cara paling mudah. Susahnya adalah dalam membuat kontennya. Apalagi saat ini, banyak pembuat konten baru di Youtube.

Tanpa konten yang menarik dan bermanfaat, video Anda tidak akan ditonton dan akhirnya backlink yang ditinggalkan juga sia-sia.

Namun, ada cara yang lebih mudah. Jika Anda memiliki konten tulisan yang berkualitas, misalnya tentang backlink, Anda bisa mengubahnya menjadi power point.

Agar lebih menarik, Anda bisa menambahkan sedikit suara atau Voice over dan tambahan musik. Dengan begitu, orang yang melihat videonya juga akan lebih mengerti, tertarik dan paham.

Lantas, dimana letak backlinknya? Anda bisa meletakkannya di video, bisa juga menaruh link di bagian deskripsi. Dengan begitu, siapapun yang mengunjungi video Anda bisa mengunjungi website dengan cara mengklik situs Anda di deskripsi.

  • Komentar dan Tinggalkan Link

Cara kedua adalah dengan meninggalkan komentar dan link di video orang lain. Cara ini sebenarnya hampir sama dengan blogwalking.

Maka dari itu, Anda perlu mencari video yang relevan dengan link yang akan Anda pasang. Tujuannya agar backlink Anda terlihat lebih natural dan enak untuk dibaca.

Jika Anda kesulitan untuk menemukan video yang relevan, Anda bisa bertukar link dengan youtuber lainnya. Jadi, Anda meninggalkan link di video orang lain dan orang tersebut meninggalkan video di tempat Anda.

Namun, lagi-lagi, Anda tetap harus meninggalkan komentar yang natural.

  • Mengatur bagian About

Terkadang, banyak youtube baru yang menyepelekan mengenai about. Padahal, di bagian ini bisa Anda tuliskan informasi tambahan seperti website dan email Anda.

Adanya informasi tersebut, memungkinkan orang lain akan lebih mudah untuk menghubungi Anda. Bahkan, tidak menutup kemungkinan akan mengajak Anda kerjasama.

Dengan cara di atas, jika Anda bisa mengaplikasikan dengan baik, fungsi backlink youtube untuk website Anda bisa tercapai. Selamat mencoba!