Cara Cek Backlink Website dengan Ahref

Cara Cek Backlink Website dengan Ahref

Backlink termasuk sebagai salah satu cara untuk optimasi SEO off page. Untuk mengetahui backlink tersebut, ada banyak cara yang bisa digunakan dan salah satunya dengan menggunakan AHref. Untuk tahu bagaimana cara cek backlink website menggunakan Ahref, cek info berikut.

Apa itu Ahref?

Ahref ini sendiri merupakan situs yang memungkinkan Anda untuk bisa mengecek backlink website Anda sendiri ataupun competitor. Website ini banyak digunakan terutama oleh para blogger profesional dan para ahli SEO.

Cara Cek Backlink Website dengan Ahref
Cara Cek Backlink Website dengan Ahref

Untuk menggunakannya, Anda bisa mencoba versi trial terlebih dahulu atau gratis jika Anda ingin mencoba dan hanya digunakan untuk keperluan tertentu dan tidak butuh data lengkap. Namun, jika Anda ingin mendapatkan data lengkapnya, Anda bisa menggunakan versi berbayar dengan biaya sekitar $ 9-999 per bulannya.

Keuntungannya menggunakan premium, Anda bisa tahu data lengkap bahkan dengan cepat sehingga Anda bisa memantau backlink Anda. selain itu, jika Anda mendapati ada backlink rusak seperti dengan keyword social media example, Anda bisa langsung menghapus ataupun memperbaiki backlink tersebut.

Cara Cek Backlink

Untuk mengecek backlink dengan menggunakan Ahref, Anda bisa melakukannya dengan mudah. Cara cek backlink website yang bisa Anda lakukan adalah dengan tahapan berikut ini:

  1. Buka terlebih dahulu website Ahref.
  2. Anda bisa memilih apakah akan menggunakan yang gratis, trial ataupun premium. Namun, pada tahapan ini, ada baiknya jika Anda menggunakan yang trial terlebih dahulu untuk data yang lebih lengkap.
  3. Jika sudah selesai, Anda bisa menentukan keyword mana yang akan dicari. Anda bisa menggunakan keyword terkait dengan website competitor ataupun website milik Anda sendiri.
  4. Copy link dari keyword yang bersangkutan tersebut.
  5. Buka ahref site explorer lalu pastekan di bagian kolom. Untuk prefix, tidak perlu di setting jika Anda menargetkan keyword situs competitor. Klik search untuk mencari.
  6. Nantinya Anda akan mendapati data lengkap seperti jumlah backlink total, website mana saja yang merekomendasikannya, organic keyword ataupun jumlah share di media sosial dan yang lainnya.
  7. Sebagai catatan, semakin kecil ranking Ahref, maka akan semakin bagus. Selain itu ada 3 sub kategori yaitu new untuk backlink baru di waktu tertentu, lost untuk backlink yang hilang dan broken untuk backlink hilang karena domain sudah tidak ada.
  8. Setelah itu, Anda bisa melihat backlink yang tertampil.
  9. Kemudian, sorting backlink, misalnya sesuai dengan banyaknya DR yang jika semakin tinggi maka hasilnya semakin baik. Anda juga bisa melakukan shorter sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.
  10. Jika sudah, Anda bisa mengekspor data tersebut jika diperlukan.

Dengan cara cek backlink website menggunakan Ahref tersebut, Anda tidak perlu lagi bingung apakah backlink yang Anda lakukan sudah optimal atau belum. Jika belum, Anda bisa mengoptimalkan lagi, jika sudah, perbanyak lagi agar semakin banyak yang diindeks oleh google.