Bagaimana Cara Mengukur Social Media Engagement?

Bagaimana Cara Mengukur Social Media Engagement?

Pada dasarnya, pengaruh engagement sangat baik untuk media sosial yang sedang dikelola. Engagement paling terlihat dan dipertimbangkan adalah instagram. Namun, lama kelamaan, social media engagement menjadi salah satu hal yang diperhatikan untuk semua jenis sosmed.

Kenapa? Karena dengan engagement yang tinggi akan memperbesar peluang untuk bisa bekerja sama dengan pihak lain atau meningkatkan penjualan produk. Biasanya untuk mengukur engagement misalnya medsos yang berisi serba serbi website untuk download movie gratis dan quote film, akan lebih mudah menggunakan tools. Namun, untuk cara berikut, ada cara mudah untuk tahu apakah medsos Anda memiliki engagement yang bagus atau tidak.

  • Like, Share, Comment

Cara paling mudah adalah dengan melihat like, share, comment yang ada di sosial media yang Anda miliki. Kenapa dengan cara ini? karena adanya like, share, comment, membuktikan jika media sosial tersebut memiliki interaksi yang baik dengan pengguna lain terutama follower.

Bagaimana Cara Mengukur Social Media Engagement?
Bagaimana Cara Mengukur Social Media Engagement?

Dengan melihat like, share, comment, Anda juga tak perlu lagi bersusah payah menggunakan tool lain. Hasilnya bisa dilihat langsung dan kemudian bisa Anda analisis.

Jika Anda menggunakan media sosial bisnis, misalnya facebook ataupun instagram bisnis, Anda bisa mengecek juga di bagian insight. Di bagian tersebut, Anda bisa melihat pertumbuhan dan engagement dari media sosial yang Anda miliki. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk menganalisis bagaimana pertumbuhan engagement Anda.

  • Kenaikan Followers

Jika like, share, comment yang diterima bagus, maka akan diimbangi dengan kenaikan followers atau subscriber yang baik. Namun, jika terjadi peningkatan subscriber atau follower terlalu melonjak dan kemudian tidak ada sama sekali, bisa jadi, followers tersebut adalah bot atau robot.

Jika Anda memiliki audience yang nyata dan kemudian terjadi penurunan, maka ada baiknya mengecek atau menganalisa dengan lebih jeli, apakah ada yang salah? Setelah itu, Anda bisa mengatur strategi sesuai dengan kondisi dan keadaan media sosial tersebut.

  • Followers vs Following Ratio

Ada baiknya jika untuk meningkatkan social media engagement, Anda juga mengikuti akun lain yang memiliki ketertarikan yang sama. namun, tetap perhatikan keseimbangan dari follower dan following Anda.

  • Audience yang Aktif

Engagement yang baik memiliki audience yang aktif. Hal ini bisa dilihat dari berapa yang melihat postingan Anda atau tingkat interaksi yang Anda miliki di media sosial. Semakin aktif audience Anda, maka akan semakin bagus engagement yang Anda miliki.

  • Organic vs Berbayar

Tidak bisa dipungkiri jika saat ini organic kalah saing dengan berbayar. Begitu pula dengan engagement. Ada yang bisa didatangkan dengan cara organic ataupun berbayar. Anda bisa menganalisa, cara mana yang lebih baik. Namun, biasanya cara berbayar lebih banyak digunakan untuk iklan dan meningkatkan penjualan.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba sebagai tool sederhana untuk tahu tingkat social media engagement yang dimiliki. Selain cara ini, Anda juga bisa menggunakan tools lain untuk analisis dan data yang lebih lengkap.