Bagaimana Belajar Desain Interior Untuk Pemula?

Bagaimana Belajar Desain Interior Untuk Pemula?

Ketika ingin mempelajari sesuatu misalnya desain interior, kebanyakan pemula bingung untuk memulai dari mana. Maka dari itu, sebelum belajar desain interior untuk pemula, maka Anda harus tahu lebih dahulu mengenai desain interior.

Mulai dari pengertiannya, elemen yang digunakan, apa saja yang dipelajari dan ruang lingkup kerja yang akan Anda tempuh. Maka dari itu, jika Anda masih bingung, simak informasi berikut.

  • Melatih Mata dan Feeling

Mendalami desain interior tidak hanya harus mengerti tentang teori tetapi juga tentang feeling. Feeling yang dimaksud ini adalah sense of design yang harus dilatih. Tanpa adanya sense ini, Anda kurang tahu mana yang bagus, nyaman dan memberikan kesan lebih.

Apa feeling ini bisa diukur? Sebenarnya tidak karena Anda tidak bisa melihat feeling. Anda hanya bisa merasakan.

Jadi, Anda tidak bisa mengukur dengan pasti tetapi dapat merasakan. Ketika Anda sudah melatih feeling tersebut, Anda bisa merasakan dan tahu mana yang kurang dan mana yang sudah tepat. Seperti https://www.sribu.com/id/interior yang memiliki tim kompeten di bidang desain interior.

Di sisi lain, melatih mata dalam hal ini bisa berkaitan dengan ketelitian, penempatan barang, penggunaan cat dan yang bisa dilihat. Untuk melatih mata, maka Anda harus sesering mungkin belajar dan berlatih dalam penataan barang. Selain itu, Anda harus belajar dan berlatih mengenai komposisi tata letak, barang ataupun warna.

  • Belajar Desain Interior

Buat rencana atau tentukan tempat studi Anda agar bisa belajar desain interior. Sesuaikan tempat untuk belajar dengan kemampuan Anda.

Jangan sampai Anda sedang dalam tahap belajar desain interior untuk pemula kemudian memilih kelas yang lebih tinggi. Misalnya dalam pelatihan informal. Takutnya, Anda tidak bisa mengikuti apa yang diajarkan.

  • Cari Lisensi

Cari lisensi sedini mungkin untuk menunjukkan bahwa kemampuan Anda di bidang desain interior. Adanya lisensi ini juga akan menjadi pertimbangan untuk klien atau perusahaan agar bekerja sama dengan Anda.

Bagaimana Belajar Desain Interior Untuk Pemula?
Bagaimana Belajar Desain Interior Untuk Pemula?

Namun, untuk mendapatkan lisensi ini, Anda harus memiliki kemampuan yang mumpuni. Maka dari itu, sambil mematangkan skill Anda, Anda bisa mencari informasi mengenai lisensi atau sertifikat di bidang desain interior.

  • Jangan Mudah Menyerah dan Terus Belajar

Tidak sedikit yang menganggap bahwa kalau sudah menempuh pendidikan seperti di universitas, maka itu sudah cukup. Padahal, ada banyak ilmu yang bahkan tidak akan Anda dapatkan di jenjang formal sekalipun.

Salah satunya adalah komunikasi dan berhadapan langsung dengan klien. Untuk mengasah skill ini, maka Anda harus memperbanyak interaksi dengan orang lain.

Selain itu, Anda harus up to date mengenai perkembangan interior. Alhasil, Anda bisa menyarankan, menentukan dan mengaplikasikan trend interior sesuai permintaan klien.

Dengan begitu, proses belajar desain interior untuk pemula bisa Anda lakukan. Setelah itu, jangan lupa untuk membuat portofolio sebanyak-banyaknya.